Blue Fire Pointer

Sabtu, 18 Juni 2016

Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas


Hello, kali ini laras akan memberikan sebuah tips bagi anda yang suka melakukan aktivitas menggunakan laptop. Nah, karena anda sering memainkan laptop anda, otomatis pasti laptop anda akan cepat panas apalagi jika anda suka bermain game. Jadi laras akan membuah sebuah trik kecil agar laptop kalian tidak cepat panas. So, lihat tips dibawah ini.

  • Menggunakan Cooling Pad
Menggunakan Cooling Pad untuk laptop anda pemikiran yang efisien untuk menurunkan suhu panas pada laptop. Dengan benda ini anda bisa menurunkan suhu panas laptop berkisar antara 1-5 derajat. Bahkan dengan cooling pad berkualitas tinggi, anda bisa menurunkan suhu panasnya dengan sangat drastis. Tetapi sesuatu yang berlebihan juga tidak baik ya, karena jika anda menggunakan cooling pad secara berlebihan, kemungkinan besar debu dan kotoran kecil lainnya akan masuk kedalam perangkat laptop anda. Jadi jangan sampai anda memilih cooling pad yang malah bisa menambah kerusakan pada laptop anda

  • Membersihkan Kipas / Heatsink Pada Laptop
Cara meminimalisir panas pada laptop berikutnya yaitu membersihkan komponen yang ada laptop. Ada beberapa sumber yang membuat laptop anda cepat panas. Mereka adalah Processor, Harddisk, Baterai, VGA, adaptop dan kipas. Mungkin dari semua sumber tersebut yang paling bekerja keras adalah kipas, karena untuk menstabilkan panas pada laptop tersebut. Namun, bagaimana jika didalam komponen kipas tersebut banyak debu yang membuat kipas tidak bisa berjalan secara maksimal? Yap, anda harus membersihkannya.Bersihkanlah kipas laptop tersebut dalam jangka waktu 3-4 minggu sekali. Pelumas juga bisa digunakan sebagai tambahan untuk membersihkan kipas.

  • Mengganti Thermal Paste CPU
Cara berikutnya anda bisa mengganti komponen yang sudah menunjukkan gejala kerusakan, salah satunya adalah Thermal Paste CPU. Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan Processor. Bila laptop anda mati secara tiba-tiba saat melakukan beban tinggi seperti bermain game, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginnya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami dried out atau mengering. Jadi, apabila laptop sering mati secara tiba-tiba maka coba anda ganti Thermal Paste CPU tersebut.

  • Andalkan Settingan Laptop
Cara berikutnya yaitu anda bisa melakukan perubahan pada settingan laptop itu sendiri. Selain melakukan setting secara fisik, secara softwarenya pun bisa mengatasi laptop agar tidak cepat panas. Misalnya anda bisa melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim dan lihat juga pengaturan BIOS. Anda juga bisa mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk settingan laptop.


Oke mungkin hanya itu saja tips agar laptop tidak cepat panas yang laras berikan kepada anda. Bila ada yang kurang dipahami anda bisa berkomentar. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews