Blue Fire Pointer

Senin, 20 Juni 2016

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur


Allah SWT telah mewajibkan bagi orang-orang yang beriman untuk berpuasa satu bulan penuh. Namun hal tersebut tidak berlaku jika memang ada halangan secara syar'i dan salah satu yang menjadikan puasa menjadi berkah adalah dengan melaksanakan sahur terlebih dahulu. Namun yang menjadi masalah adalah sebagian umat islam sekarang ini lebih memilih tidur setelah sahur dikarenakan rasa kantuk disertai rasa kenyang yang berlebihan.
Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan kebiasaan para sahabat Rasulullah yang tidak tidur setelah sahur. Tak heran jika umat islam sekarang ini banyak yang terlambat melaksanakan shalat subuh dikarenakan tidur kembali setelah sahur.
Selain kehilangan keberkahan di pagi hari, tidur setelah makan sahur sangat tidak baik dan tidak dianjurkan oleh islam. Berikut adalah bahaya tidur setelah makan sahur yang akan admin laras beritahukan kepada sahabat laras semua.

  • Gangguan Asam Lambung
Setelah menyantap sahur, makanan akan masuk dalam sistem pencernaan dan butuh waktu bagi lambung maupun bagian lainnya untuk mencerna makanan tersebut. Ketika seseorang terlentang setelah makan, proses pencernaan menjadi tidak lancar atau menjadi lama. Akibatnya timbul rasa nyeri pada daerah sekitar ulu hati ataupun rasa panas dan tidak nyaman pada daerah tenggorokan seiring meningkatnya asam lambung.

  • Terjadi Refluks
Refluks merupakan suatu penyakit yang timbul karena kelemahan katup antara lambung dengan kerongkongan. Akibatnya timbul semacam dada yang terasa terbakar. Salah satu tanda seseorang mengalami refluks adalah ketika bangun dari tidur setelah sahur, maka timbul rasa pahit pada daerah mulut disertai dengan kerongkongan yang panas.

  • Rentan Terkena Stroke
Salah satu orang yang rentan terkena stroke adalah mereka yang tidur setelah sahur. Hal ini telah dibuktikan oleh para ahli medis dimana orang yang jarak tidurnya cukup jauh dari sahur akan memiliki resiko lebih kecil terkena stroke. Sementara orang yang jarak tidurnya cukup dekat dari sahur akan memiliki resiko lebih tinggi terkena stroke.

  • Sakit Kepala
Tidur setelah sahur juga akan mengakibatkan leher menjadi kaku dan sakit. Sehingga ketika bangun dari tidur bukan kesegaran yang didapat, melainkan rasa nyeri terutama pada bagian kepala belakang. Dari hasil studi menunjukkan bahwa bahaya tidur setelah sahur akan menyebabkan serebrospinal bergerak ke otak sehingga menimbulkan sakit di kepala.

  • Bermalas-Malasan / Hilang Semangat
Bahaya tidur setelah sahur tentu saja akan menghilangkan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Mood akan berubah dan kondisi batin pun akan memburuk sehingga wajah akan terlihat pucat dan tidak jelas.

Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud pun Rasulullah menyatakan bahwa pagi menjadi ladang berkah yang harus diraih oleh setiap manusia.
Rasulullah bersabda "Ya Allah, berkahilah umatku diwaktu paginya".

Karenanya bagi umat islam yang tertidur dipagi hari kan kehilangan keberkahan pagi yang di doakan oleh Rasulullah. Dengan kata lain, ia akan kehilangan kebaikan di pagi hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews