Blue Fire Pointer

Selasa, 21 Juni 2016

Fakta Menarik Sebelum Para Riders Bertarung Di Sirkuit Assen Belanda

Detik-detik terjadinya insiden Valentino Rossi dan Marc Marquez di GP Assen Belanda

Seri kedelapan MotoGP 2016 bakal bermuara di Sirkuit Assen Grand Prix Belanda, Minggu (26/62016). Ada beberapa fakta menarik ketika Valentino Rossi dkk berpacu di salah satu sirkuit tertua di dunia.

Setelah hampir vakum selama tiga minggu, Kejuaraan MotoGP bakal berlanjut di Belanda. Dalam kesempatan tersebut, tiga pembalap papan atas yakni Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tengah bersaing ketat di klasemen sementara.

Musim lalu, Rossi memenangi drama balapan di Sirkuit Assen. Senggolannya dengan Marquez di tikungan terakhir memberinya kemenangan meski sempat berbau kontroversi. Bahkan disebut-sebut awal mula keributan The Doctor dengan Marquez.

Persaingan keduanya bakal kembali tersaji akhir pekan ini. Dan seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, ada beberapa fakta menarik yang bisa membuat balapan makin sulit diprediksi. Berikut ulasannya.

  • Sirkuit TT (Tourist Trophy) Assen jadi bagian seri kejuaraan dunia ketika pertama kali digelar tahun 1949. Assen adalah satu-satunya sirkuit yang masih menggelar balapan sejak pertama kali ditunjuk. Dengan adanya kejuaraan tahun ini, TT Assen sudah menggelar 68 kali balapan.

  • Jika sebelumnya bapalan di Sirkuit Assen selalu digelar Sabtu, pada tahun ini acara akan digelar hari minggu untuk pertama kalinya.

  • Sirkuit TT Assen yang asli yang digunakan pada tahun 1954, mempunyai luas 16,54 KM. Saat ini sudah berkurang menjadi 7,7 KM sejak tahun 1955 dan kemudian menyusut lagi menjadi 6.1 KM pada tahun 1984 setelah terus di modifikasi. Tata letak sirkuit yang sekarang telah digunakan sejak 2006, dengan beberapa penyesuaian kecil.

  • Grand Prix 500 CC di Sirkuit Assen tahun 1975 menjadi satu-satunya balapan kelas utama yang dua pembalap terdepannya melintasi garis finis dengan waktu yang sama. Barry Sheene dan Giacomo Agostini finis bersamaan yang membuat pencatat waktu yang menggunakan akurasi 0,1 detik tidak bisa mencari selisih karena jaraknya terlalu tipis.

  • Yamaha adalah produsen paling sukses di Grand Prix Belanda sejak era MotoGP dengan delapan kemenangan. Honda membuntuti dengan mempunyai lima kemenangan dan Ducati sekali.

  • Terakhir kali Suzuki menang di Sirkuit TT Assen terjadi dalam Grand Prix Belanda 500 CC tahun 1993 dimana Kevin Schwantz jadi yang tercepat. Hasil terbaik Suzuki di era MotoGP hanyalah finish kelima yang dicatat John Hopkins pada 2007 serta Chris Vermeulen tahun 2009. 

  • Kemenangan Ben Spies di Grand Prix Belanda 2011 lalu membuatnya mengikuti pembalap lain seperti Casey Stoner, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

  • Pembalap terakhir yang bisa merebut kemenangan beruntun di Grand Prix Belanda adalah Rossi pada musim 2004 dan 2005.

  • Pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Belanda adalah Angel Nieto dengan 15 kemenangan dari kelas 125 CC dan 500 CC, diikuti Giacomo Agostini yang mempunyai 14 kemenangan dari kelas 500 CC dan kelas 350 CC.

  • Diantara pembalap sekarang, Rossi menjadi yang paling sukses di Belanda dengan total sembilan kemenangan, tujuh diantaranya di kelas utama MotoGP sedang sisanya dikelas 125 CC dan 250 CC.

  • Rossi memenangkan Grand Prix Belanda tahun lalu setelah merebut pole di kualifikasi. Kemenangan itu menjadi yang pertama ia raih dari posisi terdepan sejak terakhir kali mendapatkannya di Grand Prix San Marino 2009 lalu.

  • Dua pembalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez belum pernah merebut pole position di TT Assen Belanda.

Itulah beberapa fakta menarik yang admin laras infokan kepada kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews