Blue Fire Pointer

Selasa, 21 Juni 2016

Tips Agar Meminimalisir Baterai Android Agar Tidak Boros


Di era modern ini, spesifikasi smartphone android semakin canggih. Dengan spesifikasi yang tinggi pula penggunaan baterai ponsel diuji. Di beberapa vendor ponsel, perusahaan memberikan kapasitas baterai ponsel yang beragam. Perusahaan ponsel memberikan kapasitas yang seperti itu karena telah diatur secara standar untuk baterai ponsel yang dikeluarkannya. Namun, dari beberapa pengguna mengeluhkan baterai ponselnya yang begitu "boros" ketiga digunakan. Mungkin tak banyak dari penggunanya sendiri yang membuat baterai ponsel miliknya menjadi boros. Lalu bagaimana agar baterai ponsel bisa bertahan sedikit lebih lama dari biasanya? Admin laras akan kasih tau jawabannya.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Tingkat brightness yang diturunkan bisa menurunkan konsumsi baterai. Caranya, ke Menu Setting > Display > Brightness dan turunkan ke batas terendah.

2. Matikan Koneksi Bluetooth
Jika anda tidak sedang melakukan transfer file, anda bisa mematikan fitur bluetooth agar baterai ponsel tidak terbuang secara percuma. Caranya ke Menu Setting > Bluetooth.

3. Matikan Fitur GPS
Saat anda tidak membutuhkan fitur GPS untuk mencari lokasi yang anda tuju, sebaiknya matikan fitur tersebut untuk mengurangi penggunaan baterai. Caranya, ke Menu GPS dan setting ke mode nonaktif.

4. Matikan Layanan Suara
Di OS android kitkat, anda bisa mematikan layanan suara ini dengan membuka Google Setting dan menuju Search & Now > Voice. Kemudian anda hilangkan tanda centang deteksi "hotword" untuk mencegah ponsel anda dari terus menerus menunggu perintah "OK Google" untuk fitur pencarian.

5. Matikan Fitur NFC
Smartphone android ada yang memiliki fitur NFC dan ada yang tidak. Khusus android kitkat, anda yang ingin mematikan fitur konektifitas ini bisa di akses ke menu Setting > More, lalu hilangkan tanda centang NFC.

6. Matikan Fitur Wifi
Wifi diperlukan saat anda melakukan browsing, terutama saat anda kehabisan kuota. Tapi, bila anda sudah tidak melakukan browsing, ada baiknya matikan fitur wifi tersebut untuk mengurangi penggunaan baterai. Caranya, ke menu Setting > Wifi.

7. Stop Sinkronisasi
Perangkat android bisa menyinkronisasi data pengguna dengan akun Google. Fitur ini dapat memakan baterai dan koneksi data. Anda bisa mematikan fitur ini dengan akses ke menu Setting dan menuju "Accounts".

8. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu
Bila anda sudah tidak menggunakan aplikasi tertentu, ada baiknya anda menghapus aplikasi tersebut. Sebab bila anda sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut, tetapi aplikasi tersebut tetap berjalan di background. Untuk menghapus aplikasi, bisa akses ke menu Setting > Apps.


Demikianlah tips yang admin laras berikan kepada anda agar baterai android kalian tidak cepat habis/boros.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews