Blue Fire Pointer

Jumat, 05 Agustus 2016

Sejarah dan Fakta Unik BABYMETAL



Wah wah wah! Kali ini admin laras udah gak sabar ingin menyampaikan informasi tentang salah satu band favorit admin nih. Kali ini saya mau sedikit mengulas sejarah dan fakta unik dari BABYMETAL. Dulu saya tahu band ini dari program televisi NET yaitu Ini Talkshow. Lah kok tau lewat Ini Talkshow? Jadi gini, ketika acara tersebut sedang menceritakan Haruka JKT48 pulang kampung ke Jepang, dia menanyakan kepada warga disana "Apa yang sedang populer disini?", kemudian orang itu menjawab, "Disini sedang heboh-hebohnya membicarakan tentang BABYMETAL". Lalu Haruka memberi tahu bahwa BABYMETAL sedang mengadakan tour ke luar negeri.

Karena penasaran, saya langsung search lagu-lagu BABYMETAL di youtube, saya mendengar beberapa lagunya yaitu Road of Resistance dan Ijime Dame Zettai. Aje gile, alunan musiknya keras tapi diiringi dengan vokal yang agak melengking gitu. Mungkin irama musiknya hampir mirip sama Dragonforce. Tak perlu waktu lama untuk saya mengagumi band tersebut. Karena musiknya yang saya rasa cocok untuk saya.


Oke langsung ke topik bahasan, berikut sejarah dan fakta dari BABYMETAL.


BABYMETAL adalah band idol metal asal Jepang. Band ini terdiri dari Suzuka Nakamoto (Su-Metal) sebagai vokal, Moa Kikuchi (Moa-Metal) sebagai vokal & screamer dan Yui Mizuno (Yui-Metal) sebagai vokal dan screamer. Yang unik dari band ini yaitu mereka memadukan musik metal yang keras dan idol pop yang belum ada sebelumnya. Ketiga gadis dan band pengiring tersebut dikelola oleh agen bakat Amuse.

Sejarah 2010 : Pembentukan Band
Grup ini awalnya dibentuk pada tahun 2010 sebagai sub-unit dari grup idola perempuan Sakura Gakuin, yang bertujuan untuk mewujudkan "Fusion Metal dan Idol". Tak satupun dari ketiga gadis tersebut tahu apa itu musik metal sebelum dibentuknya band. Bahkan Suzuka Nakamoto pernah berkata dalam sebuah wawancara dengan MTV 81, "Pertama kali mendengar ide untuk BABYMETAL kami seperti apa ya?". Namun menurut Kobametal, nama BABYMETAL adalah plesetan dari kata "Heavy Metal", "Baby" mungkin menunjukkan kelucuan, "Metal" yang berarti intensitas. Mereka menyatakan merek mereka dari metal adalah genre yang baru lahir, dan itulah dinamakan "Baby" pada BABYMETAL.

2010-2012 : Rilis Indie
Penampilan live pertama BABYMETAL adalah pada tanggal 28 November 2010 di konser solo pertama Sakura Gakuin ini. Lagu pertama mereka, "Doki-Doki Morning" awalnya dirilis pada bulan April 2011 pada album Sakura Gakuin "Sakura Gakuin 2010 Nendo : Message". Kemudian band ini merilis sebuah video musik untuk lagunya dan bulan Oktober 2011 dirilis sebagai DVD tunggal ditujukan secara terbatas.

Setelah di upload ke Youtube dalam bulan Oktober, awalnya video ini hanya ditonton beberapa penggemar di Jepang saja, tetapi dalam waktu sekitar satu bulan sudah diketahui diluar negeri dan mengejutkan orang diseluruh dunia. Pada tanggal 16 Desember, video tersebut sudah disaksikan 380 ribu kali dengan sebagian besar tayangan datang dari Amerika Utara, Rusia, Swedia dan Finlandia. Sebagian juga berkomentar dalam bahasa Inggris dan dalam setahun, video tersebut sudah mencapai 1 juta kali tayang.

Pada bulan Juli 2012, BABYMETAL merilis single berjudul "Head Bangya !!". Lagu tersebut cukup menarik perhatian sehingga BABYMETAL di undang disalah satu Festival Rock terbesar di Jepang yaitu Summer Sonic. Dengan rata-rata usia personil yang masih 12 tahun, BABYMETAL merupakan band termuda yang pernah tampil disana.

2013-2015 : Pertumbuhan Popularitas, Kesuksesan dan Album Debut
Pada Januari 2013, band ini memulai debutnya pada label rekaman besar dengan single "Ijime Dame Zettai" yang terjual 19.000 kopi dalam minggu pertama dan debut dinomor 6 Oricon Weekly Singles Chart. Pada musim semi tahun 2013, Suzuka Nakamoto lulus dari SMP dan karena itu harus "lulus" dari kelompok Sakura Gakuin (yang terdiri dari gadis-gadis sampai SMP). Namun manajemen mereka memutuskan bahwa BABYMETAL tidak akan larut dan akan melanjutkan kegiatan sebagai sebuah band. Group ini merilis single berikutnya yang berjudul "Megitsune" pada tanggal 19 Juni 2013. BABYMETAL merilis Disc DVD Live / Blu-Ray pertama. Disk berisi tiga konser yang berbeda. Disc Blu-Ray tersebut masuk peringkat ke 7 ditangga lagu Oricon Blu-Ray Disc mingguan.

Pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2013, BABYMETAL mengambil bagian lagi dalam Festival Summer Sonic karena tampil baik di Tokyo dan Osaka. Kabarnya anggota Metallica datang untuk menonton pertunjukan mereka. Pada November 2013, BABYMETAL merilis sebuah video promo untuk pemutaran perdana film Metallica di Jepang yaitu Through the Never.

Pada tanggal 26 Februari 2014, BABYMETAL pertama merilis album Self-titled nya. Isinya 13 lagu dan juga tersedia dalam edisi terbatas termasuk DVD dengan video musik dan rekaman live. Album ini diterima dengan baik oleh penikmat musik dan masyarakat. Terjual lebih dari 37.000 kopi di Jepang pada minggu pertama. Memulai debutnya di nomor 4 di Oricon dan nomor 2 di Billboard Jepang, selain itu mereka menduduki puncak tangga lagu iTunes Logam di Amerika Serikat, Inggris dan Jerman. Lalu pada 22 Maret mencapai nomor 187 di US Billboard 200 Chart, dan menjadi satu-satunya seniman Jepang yang dapat menembus peringkat itu. Album mereka juga berhasil masuk ke chart Heatseekers di nomor 4. Kemudian mereka di undang tampil pada dua konser Budokan. Dengan rata-rata usia 14,7 tahun, mereka menjadi wanita termuda yang tampil disana. Dan pada tanggal 2 Maret, mereka mengumumkan akan mengadakan Tour Eropa yang berlangsung saat musim panas.

Untuk awal tour dunia mereka, BABYMETAL melakukan pertunjukan di Paris dan Cologne, yang juga sekaligus sebagai perayaan ulang tahun ke-15 Yui-Metal dan Moa-Metal. BABYMETAL menampilkan debut mereka di Inggris pada Sonisphere Festival 2014. Mereka tampil di panggung Apollo utama bersama band-band seperti Deftones, Carcass dan Iron Maiden pada 5 Juli. Mereka membuat penampilan debut mereka di Amerika Serikat pada 27 Juli dengan headlining sebuah konser di The Fonda Theater di Hollywood. Mereka bermain pada Heavy Montreal 2014 di Kanada pada 9 Agustus bersama band-band metal legenda seperti Metallica, Slayer dan Unlocking The Truth. Kemudian mereka tampil di Summer Sonic Jepang pada Mountain Stage dengan band-band seperti Avenged Sevenfold dan Megadeth. BABYMETAL juga menjadi konser pembuka untuk 5 konser Lady Gaga.

Pada bulan Agustus 2014, diumumkan bahwa BABYMETAL akan kembali ke Inggris untuk tampil di O2 Academy Brixton pada 8 November, acara terakhir mereka di Eropa tahun ini sebagai bagian dari fase grup "Babymetal Apocalypse". Mereka juga mengumumkan bahwa band-nya akan kembali ke New York City yang telah mereka kunjungi awal tahun tanpa memberikan kinerja aktual. Pada bulan September band ini mengumumkan album kedua mereka yang berjudul Legend 1997 & 1999 Apocalypse, dirilis 29 Oktober melalui Blu-Ray dan DVD yang isinya menampilkan pertunjukan live mereka di NHK Hall dan di Makuhari Event Hall. Di perform Brixton mereka, band ini memulai debut lagu barunya yang berjudul Road of Resistance. Hal itu kemudian diturunkan menjadi sebuah kolaborasi dengan Sam Totman dan Herman Li dari band power metal Dragonforce. Setelah itu dirilis sebagai bonus lagu yang tersedia dengan "Red Night" edisi album "Live at Budokan" mereka pada tanggal 7 Januari 2015 dan merupakan bagian dari Fans Club Exclusive "The One" Edition.

Band ini mengumumkan pada April 2015 bahwa mereka kembali merilis album Self-titled mereka melalui earMusic di Inggris pada 1 Juni 2015. Menjelang kinerja mereka di Metal Hammer Golden Gods Awards pada tanggal 15 Juni, ketiga personil BABYMETAL membuat penampilan kejutan karena tampil bersama Dragonforce di Download Festival yang saat itu membawakan lagu "Gimme Chocolate!!". Hal ini terjadi ketika Event Organizer Andy Copping menyatakan bahwa ia tidak pernah memesan band tersebut.

2015-Sekarang : Touring dan Album Kedua
Selama 2 hari konser di Yokohama pada bulan Desember 2015, telah diumumkan bahwa mereka akan merilis album studio kedua pada tanggal 1 April 2016 serta tour dunia yang dimulai di London Wembley Arena. Pada tanggal 15 Januari 2016, judul album kedua ini diumumkan menjadi "Metal Resistance". Gaya musik dan lirik band ini mendefinisikan gaya sebagai genre baru yang disebut "Metal Kawai", dan menjelaskan bahwa itu adalah campuran J-Pop Idol dan Heavy Metal. Dalam pers musik, grup ini sering dikaitkan dengan genre Death Metal, Heavy Metal dan J-Pop, tapi beberapa lagu mereka telah diklasifikasikan sebagai Symphonic Death Metal pada lagu "BABYMETAL Death" dan Speed Metal pada lagu "Ijime Dame Zettai". Mantan gitaris Megadeth, Marty Friedman juga telah menggambarkan band ini terdengar seperti Meshuggah dengan J-Pop nya.

Sebelum trio ini terbentuk, mereka sebelumnya tidak memiliki pengalaman dari genre Metal. Yui-Metal mengakui bahwa sebelumnya konsep Heavy Metal sebenarnya membuatnya takut, tapi kemudian menyatakan bahwa "Ini menyenangkan dan saya melihat dan bertanya, mengapa genre ini begitu banyak penggemarnya? Aku masih tidak mengerti, tapi aku tertarik." Tema lirik yang ditemukan di musik BABYMETAL ini fokus pada isu-isu dunia nyata dan juga yang menjadi khas dari Ido-Pop yaitu seperti mendorong remaja muda untuk menerima kenyataan dan berdiri untuk diri mereka sendiri serta tekanan pada gadis-gadis remaja untuk tetap berani juga agar tidak di intimidasi. Kostum BABYMETAL ini mengambil dari populer gothic dan lolita punk dengan nuansa Jepang dengan menekankan warna merah dan hitam. Sejak 2014, biasanya dipakai sebagai variasi sekarang menjadi merek dagang mereka dan pertama kali diperkenalkan pada video musik Ijime Dame Zettai.

Alih-alih menggunakan tanda tangan Metal, band ini menggunakan isyarat tangan rubah (lebih tepatnya kitsune) untuk melambangkan inspirasi kekuatan band. Ketika ditanya tentang Fox God, mereka menjawab, "Kami tidak pernah bertemu dengan Fox God, tetapi karena berkatnya, kami mampu menjadi BABYMETAL."

Dalam konser mereka, BABYMETAL yang disertai dengan pengiring band, awalnyaband berpura-pura disebut "Babybone" yang mengenakan pakaian kerangka hitam-putih. Dari pertengahan 2012, live band disebut Kami-Band (juga dikenal sebagai Full Metal Band atau God of Metal) semakin mengambil alih tugas pendampingan di setiap konser. Para anggota Kami-Band meliputi Mikio Fujika (Gitar), Hideki Aoyama (Drum), Boh (Bass), Takayoshi Ohmura (Gitar), dan Leda (Gitar).

Anggota :
1. Suzuka Nakamoto (Su-Metal) - Vokal
2. Yui Mizuno (Yui-Metal) - Vokal & Screamer
3. Moa Kikuchi (Moa-Metal) - Vokal & Screamer


Kami-Band :
  • Takayoshi Ohmura - Gitar
  • Mikio Fujika - Gitar
  • Leda - Gitar
  • Boh - Bass
  • Hideki Aoyama - Drum
  • Yuya Maeta - Drum
Diskografi :
  • BABYMETAL (2014)
  • Metal Resistance (2016)
Tour :
  • BABYMETAL Death Match Tour 2013 (2013)
  • BABYMETAL World Tour 2014 (2014)
  • BABYMETAL Back To United States / England Tour 2014 (2014)
  • BABYMETAL World Tour 2015 (2015)
  • BABYMETAL World Tour In Japan 2015 (2015)
Penghargaan dan Nominasi :
  • Wild Card for Best Japanese Act NEO Awards 2014
  • Best Musical Act Won 2015 BABYMETAL (Album) 7th CD Shop Awards
  • Grand Prix Won BABYMETAL Loudwire 4th Annual Music Awards
  • Best New Artist of the Year Awards Won Kerrang! Awards 2015
  • Spirit of Independence Award Won Metal Hammer Golden Gods Awards 2015
  • Breakthrough Award Won 2015 MTV Europe Music Awards
  • Best Japanese Act 2015 MTV Video Music Awards Japan
  • Best Metal Artist Won GQ Men of the Year 2015 Awards
  • Best Musical Act Won Loudwire 5th Annual Music Awards
  • Most Devoted Fans of 2015 Won Loudwire 5th Annual Music Awards
  • Best Live Act of 2015 Won "Road of Resistance" Loudwire 5th Annual Music Awards
  • Best Metal Song of 2015

Mungkin hanya segitu info BABYMETAL yang bisa admin beritahukan, bila ada kesalahan dalam penulisan maupun faktanya, mohon dimaafkan.

Dan bila kalian mau mendengarkan lagunya, download saja dengan klik link dibawah ini.
Download Kumpulan Lagu Terbaik BABYMETAL Terlengkap

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pageviews